Administrasi mempunyai unsur-unsur yan merupakan pola perbuatan manusia dalam bidang administrasi tersebut, yaitu:
1. Pengorganisasian yaitu rangkaian kegiatan menyusun suatu kerangka sebagai wadah bagi segenap kegiatan dari usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, dengan jalan:
a. Membagi dan mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan yang akan dilaksanakan.
b. Menyusun hubungan kerja di antara para petugas atau unit-unit tugas.
2. Manajemen yaitu rangkaian kegiatan yang berfungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sekelompok orang, mengawasi sekelompok orang, dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar usaha tujuan kerjasama yang telah ditentukan dapat terwujud.
3. Komunikasi yaitu rangkaian kegiatan menyampaikan informasi, progam, dan buah pikiran dari seseorang baik secara lisan dan tulisan kepada pihak lain dalam usaha kerja sama.
4. Kepegawaian yaitu rangkaian kegiatan mengatir dan mengurus penggunaan tenaga-tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerjasama.
5. Keuangan yaitu rangkaian kegiatan mengelola segi-segi keuangan organisasi terutama dalam hal pembiayaan, pembelanjaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan dalam usaha kerjasama.
6. Perbekalan yaitu rangkaian kegiatan merencanakan, menggandakan, mengatur pemakaian barang-barang keperluan kerja, memelihara sampai menyingkirkan segenap perlengakapan dalam usaha kerjasama.
7. Ketatausahaan yaitu rangkaian kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan berbagai keterangan yang diperlukan dalam usaha kerjasama.
8. Hubungan masyarakat yaitu rangkaian kegiatan menciptakan hubungan baik dan dukungan masyarakat sekeliling terhadap usaha kerjasama yang dilaksanakan.
Kedelapan unsur tersebut saling berhubungan satu sama lain, sehingga merupakan satu kesatuan tak terpisahkan yang menunjang setiap penyelenggaraan kerja yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam usaha kerjasama untuk mencapai tujuan.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar