A.
Pengertian Sekretaris
1.
Secara
definisi, kata sekretaris dapat kita pahami dari beberapa definisi :
Menurut M. Braum dan Ramon, sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan untuk meningkatkan efektivitas pimpinannya.
Menurut M. Braum dan Ramon, sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang kepala atau pimpinan yang menerima pendiktean, menyiapkan surat-menyurat, menerima tamu, memeriksa, atau mengingatkan pimpinannya mengenai kewajibannya yang resmi atau perjanjiannya dan melakukan banyak kewajiban lainnya yang berhubungan guna meningkatkan efektivitas dari pimpinannya mengenai kewajiban lainnya yang berhubungan untuk meningkatkan efektivitas pimpinannya.
2.
Menurut
Drs. The Liang Gie mengatakan bahwa sekretaris adalah seorang petugas yang
pekerjaannya menyelenggarakan urusan surat-menyurat termasuk menyiapkan bagi
seorang pejabat penting atau organisasi.
3.
Menurut
Drs. Ig. Wursanto mengatakan bahwa sekretaris adalah seorang pegawai yang
bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-perkerjaan
pimpinannya.
Dari
definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian Sektetaris adalah eseorang yang membantu seorang pemimpin atau badan
pimpinan atau perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratif
yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan
operasional perusahaan.
Manajemen sekretaris merupakan suatu proses
kegiatan mengelola dan mengatur segala sesuatu yang berhubungan langsung maupun
tidak langsung dengan kegiatan pimpinan dalam rangka kelancaran pelaksanaan
perkantoran atau organisasi. Jadi, pekerjaan seorang sekretaris, membantu
pimpinan agar pimpinan kantor atau perusahaan dapat melaksanakan tugasnya
secara efektif dan efisien.
B.
Tugas-tugas
Sekretaris
Berdasarkan
ruang lingkup tugas sekretaris dikelompokkan menjadi 8 (delapan) yaitu:
a.
Tugas-tugas
Rutin
Yaitu tugas-tugas yang dikerjakan setiap hari tanpa perintah.
Tugas ini meliputi:
·
Membuka
surat.
·
Menerima
dikte.
·
Menerima
tamu.
·
Menerima
telepon.
·
Menyimpan
arsip/surat.
·
Menyusun
dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.
b.
Tugas-tugas
Khusus
Yaitu tugas yang diperintahkan langsung oleh pimpinan kepada
sekretaris dengan penyelesaiannya secara khusus. Tugas ini diberikan karena
adanya unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris mampu menyimpan rahasia
perusahaan. Tugas ini meliputi:
·
Mengonsep
surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
·
Menyusun
surat rahasia (confidential).
·
Menyusun
acara pertemuan bisnis.
·
Pembelian
kado atau cindera mata.
·
Dan
lain-lain.
c.
Tugas-tugas
istimewa
Yaitu tugas yang menyangkut keperluan pimpinan, antara lain:
·
Membetulkan
letak atau posisi alat tulis pimpinan serta perlengkapan yang diperlukan.
·
Bertindak
sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada relasi.
·
Mewakili
seseorang menerima sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lainnya.
Mengingatkan pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
Mengingatkan pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
·
Memeriksa
hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana
kesejahteraan.
·
Menghadiri
rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan
bisnis.
·
Mengadakan
pemeriksaan peralatan kantor, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak
perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.
d.
Tugas
Sosial
Tugas sosial, meliputi:
·
Mengurusi
Rumah tangga kantor.
·
Mengatur
penyelenggaraan resepsi untuk kantor pimpinan beserta pengurusan undangannya.
e.
Tugas
Keuangan
Biasanya sekretaris mengurusi keuangan yang dinamakan petty cash
(uang cadangan/kas kecil).
f.
Tugas
keuangan ini antara lain:
·
Menangani
urusan keuangan pimpinan di Bank, misalnya: penyampaian penyimpanan uang di
Bank, penarikan cek, pengambilan uang dari Bank.
·
Membayar
rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nama pimpinan.
Menyimpan catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk keperluan sehari-hari.
Menyimpan catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk keperluan sehari-hari.
g.
Tugas Resepsionis
Tugas sekretaris sebagai resepsionis, yaitu:
·
Menerima
dan menjawab telepon serta mencatat pesan-pesan lewat telepon.
Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
·
Mencatat
janji-janji untuk pimpinan.
·
Menyusun
acara kerja sehari-hari pimpinan.
h.
Tugas insidental
Tugas ini merupakan pekerjaan yang tidak rutin dilakukan oleh
sekretaris meliputi:
Menyiapkan agenda rapat, menyiapkan laporan, menyiapkan pidato atau pernyataan pimpinan.
Membuat ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam surat kabar, majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan kepentingan perusahaan.
Mengoreksi bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang dikonsep oleh perusahaan.
Menyiapkan agenda rapat, menyiapkan laporan, menyiapkan pidato atau pernyataan pimpinan.
Membuat ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam surat kabar, majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan kepentingan perusahaan.
Mengoreksi bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang dikonsep oleh perusahaan.
C.
Jenis-jenis
sekretaris
Jenis-jenis
sekretaris berdasarkan kedudukan,wewenang dan tanggung jawabnya sekretaris
dibedakan menjadi dua macam yaitu:
a.
Sekretaris
instansi(organisasi)
Sekretaris yang bertugas sebagai office karena secara formal
menjalankan fungsi menejer yang ruang lingkupnya meliputi semua aspek kegiatan
kantor.
b.
Sekretaris
pribadi
Sekretaris yang hanya bekerja sebagai pembantu pimpinan dan
sebagai mediator(perantara) pimpinan.
Berdasarkan kemamapuanya dan pengalamanya
kerjanya sekretaris dibedakan menjadi:
a.
Sekretaris
junior
Sekretaris yang baru meniti karirnya sebagai sekretaris.
b.
Sekretaris
senior
Sekretaris yang memiliki profesionalisme yang mantap dapat berdiri
sendiri mengatasi masalah yang timbul dalam melaksanakan tugasnya
D.
Syarat-syarat
untuk Menjadi Sekretaris
Untuk memenuhi peran dan tanggung jawab sekretaris yang
sedemikian besar maka syarat yang diwajibkan untuk menduduki jabatan ini adalah
:
1.
Keterampilan dasar
a. Kemampuan mengetik 10 jari
Kemampuan ini berguna untuk mengerjakan berbagai
pekerjaan kantor baik dengan mesin tik, atau computer, kemampuan minimal adalah
kecepatan 200 entakan per menit, dengan kesalahan maksimal 3 entakan.
b. Penanganan Kearsipan
Kemampuan mengelola berkas sampai pada penyimpanan
serta penggunaan system dengan benar. Agar penemuan kembali dapat dilakukan
dengan cepat dan tepat. Dengan standar waktu penemuan kembali maksimal 3 menit.
c. Komputer
Dapat mengoperasikan perangkat komputer untuk berbagai
keperluan dan sistem yang tepat seperti Ms. Word, Ms. Excell serta
PowerPoint. Juga dapat menjalankan internet untuk berbagai keperluan
baik mengirim dan menerima berita atau mencari data.
d. Korespondensi
Suatu kemampuan membuat surat baik dalam bahasa
Indonesia maupun bahasa Inggris, dengan berbagai bentuk atau variasi yang
diinginkan atasan, baik dengan konsep atasan maupun mengkonsep sendiri.
e. Menerima dikte
Kemampuan dalam menerima instruksi atau berita, baik
dengan cara ditulis tangan atau kemampuan komputer.
f. Pengetahuan Bank dan kas kecil
Suatu kemampuan yang memperlancar pekerjaan dalam
hubungannya dengan keuangan atasan.
2.
Keterampilan khusus:
a.
Tata Krama Lingkungan Kerja
b.
Mengetahui bagaimana menjalankan kaidah-kaidah atau
aturan dan sopan santun dalam bentuk perilaku di lingkungan kerja.
c. Tata Krama Bertelepon
Dapat menggunakan telepon dengan berbagai fungsi untuk melakukan tugas
serta dapat menanganinya dengan standar kepuasan pelanggan
d. Komunikasi Efektif
Dapat menyampaikan pikiran dan maksud dengan jelas secara lisan maupun
tulisan, serta dapat menyampaikan pendapat atau pesan di muka umum.
e. Hubungan Antarpribadi
Suatu cara untuk menyesuaikan diri dalam pergaulan, mempunyai cara-cara
pendekatan baik kepada atasan maupun relasi.
3.
Penampilan
Penampilan adalah hal penunjang untuk menjadi pegawai
yang profesional. Penampilan ini sangat penting karena citra seseorang dapat
dilihat dari penampilannya. Penampilan ini mencakup tata cara
berpakaian, tata cara menggunakan tata rias, tata cara menggunakan asesoris di
samping juga cara berjalan, cara berdiri dan cara duduk juga merupakan hal yang
penting dalam penampilan.
Sedangkan syarat-syarat lain untuk menjadi sekretaris sebagai
berikut :
a.
Syarat
kepribadian, yaitu sifat-sifat yang dimiliki oleh seseorang yang menjadi
sekretaris, seperti penyabar, simpatik, bijaksana, penampilan baik, pandai
bergaul, dapat dipercaya, memegang teguh rahasia, dll.
b.
Syarat
pengetahuan umum, yaitu memiliki pengetahuan tentang perkembangan yang
berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan pekerjaan kesekretariatan
seperti bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, politik, dan hukum serta secara
umum dalam rangka untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya. Hal ini penting karena
seorang sekretaris menghadapi banyak jenis pekerjaan sesuai dengan bidang yang
dilakukan oelh seorang pimpinan sehingga kurang mengikuti perkembangan yang
terjadi tentunya dapat mempengaruhi kelancaran pekerjaannya.
c.
Syarat
pengetahuan khusus, yaitu pengetahuan tertentu yang sesuai jabatan dan tugas
sekretaris sesuai tempat dimana ia berkerja. Biasanya syarat pengetahuan khusus
ini harus ditempuh melalui pendidikan yang sifatnya formal, seperti sekolah
tentang manajemen kesekretarisan.
d.
Syarat
skill dan teknik kesekretariatan, kemampuan seorang sekretaris yang langsung
berhubungan dengan tugas kesekretarisannya, seperti kemampuan mengetik,
koresponden, stenograf, dan kearsipan.
e.
Syarat
praktek, yaitu kemampuan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, seperti meneriam
tamu, telepon, dan membuat agenda pertemuan pimpinan.



Menerima tamu itu gimana yah? Aku kurang faham... misalnya ada tamu dateng ke Sewa kantor nyari bos aja atau gimana yah? Makasi
BalasHapusSebagai sekertaris anda sangat cantik, namun sangat disayangkan apabila kecantikan anda pudar karena selalu memikirkan arsip.
BalasHapusKabar gembira untuk para Sekertaris dan Mahasiswi di Akademi Sekertaris
Untuk Pengarsipan Elektronik Anda Bisa menggunakan Aplikasi DigitAllDocs (baca: digital doc). DigitAllDocs adalah software pengarsipan yang sangat lengkap dilengkapi dengan 5 kategori dokumen : Surat Masuk, Surat Keluar, Dokumen Keuangan, Kartu Nama dan Dokumen Lainnya.
Berbeda dengan software pengarsipan lainnya DigitAllDocs mampu menyimpan segala jenis file digital termasuk file multimedia seperti : mp4, mp3, wav, pdf, docx, xlsx dan lain-lain
Download disini : http://bit.ly/1k0BcGq
Play Blackjack Online - jtmhub.com
BalasHapusJCM 이천 출장안마 Games 의왕 출장샵 offers 세종특별자치 출장안마 live dealer blackjack 안성 출장마사지 and casino games to all users. Blackjack is the most popular card game in South 밀양 출장샵 African casinos and,